21 Mei 2015

Menghitung Persentase Kenaikan Nilai Dengan Fungsi Excel

Untuk menghitung persentase kenaikan nilai dengan fungsi excel, maka sebagai contoh adalah jika harga bahan bakar minyak jenis premium yang semula seharga Rp. 6.900,- (Enam Ribu Sembilan Ratus Rupiah) menjadi Rp. 7.400,- (Tujuh Ribu Empat Ratus Rupiah) maka berapa kenaikan harga premium?

Dipopedia-MenghitungPersentaseKenaikanNilaiDenganFungsiExcel.png
Cara Menghitung Persentase Kenaikan Nilai Dengan Fungsi Excel

Untuk mencari jawaban kenaikan harga premium tersebut dengan fungsi excel maka
  • Isilah harga baru premium yaitu Rp. 7.400,- (Tujuh Ribu Empat Ratus Rupiah) pada kolom A1.
  • Isilah harga lama premium yaitu Rp. 6.900,- (Enam Ribu Sembilan Ratus Rupiah) pada kolom B1.
  • Hitunglah selisih harga antara harga baru dengan harga lama pada kolom C1 dengan rumus fungsi: =B1-A1, kemudian tekan enter.
  • Hitunglah persentase selisih harga antara harga baru dengan harga lama pada kolom D1 dengan rumus fungsi: =C1/B1, kemudian tekan enter maka didapatlah persentase kenaikan harga premium tersebut. Jangan lupa untuk memformat kolom D1 dengan memilih Percentage pada pilihan Category Number. Untuk penempatan desimal bisa dipilih dua digit dibelakang tanda koma.

Demikian cara Menghitung Persentase Kenaikan Nilai Dengan Fungsi Excel.

Semoga bermanfaat!
3 komentar:
  1. minta tolong admin, karna pakai excel jadi tolong direvisi biar ndak bingung, poin 1 benar kolom A1, tp untuk kolom 2, 3 dan 4 itu salah. harusnya poin 2 itu kolom B1, trus poin 3 itu kolom C1 = A1-B1. yang poin 4 itu kolom D1 = C1/B1. biar lebih jelas dan tidak ada kebingungan, terima kasih. selebihnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk koreksinya :)

      Hapus