25 Mei 2015

11 Tips Berkendara Sepeda Motor Agar Selamat, Aman Dan Nyaman

Berkendara Sepeda Motor memang mengasikkan bagi banyak orang pada umumnya namun jangan sampai keasikan tersebut dapat merugikan diri sendiri apalagi orang lain karena tentunya akan berakibat dicabutnya surat-surat kelengkapan berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan(STNK) ditambah lagi ongkos perawatan rumah sakit yang semakin mahal dan sulit ditebus dengan jaminan kesehatan sekalipun.

Dipopedia-10TipsBerkendaraSepedaMotorAgarSelamatAmanDanNyaman.png

Berikut ini adalah 11 Tips Berkendara Sepeda Motor Agar Selamat, Aman Dan Nyaman yaitu:

Sebelum Berkendara

  1. Memeriksa Kelengkapan Surat-Surat Berkendara: Mengantisipasi adanya pemeriksaan terhadap surat-surat berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan(STNK) maka sebaiknya selalu pastikan telah membawa sertanya.
  2. Melakukan Pemanasan Tubuh: Agar tubuh dan mental tetap dalam kondisi yang fit dan siap untuk berkendara maka penting untuk selalu menjaga keseimbangan saat mengendara sepeda motor.
  3. Menggunakan Perlengkapan Berkendara: Perlengkapan berkendara bisa terdiri dari helm, alas kaki dan pakaian. Gunakanlah helm yang dilengkapi dengan alat pengencang. Gunakanlah alas kaki yang mengurangi cedera ketika harus bertumpu pada kaki. Gunakanlah pakaian yang nyaman serta dapat melindungi diri terutama pada kondisi cuaca yang dapat berubah.
  4. Memeriksa Kondisi Sepeda Motor: Pemeriksaan terhadap kondisi sepeda motor dapat meliputi kondisi ban, lampu dan kaca spion serta rem.

Saat Mengendarai Sepeda Motor

  1. Menjaga Postur Tubuh: Saat di atas sepeda motor, duduklah pada posisi yang mana memudahkan pengoperasian stang kemudi dan rem serta menjaga agar fokus pandangan tetap waspada baik ke arah depan maupun ke arah samping kanan dan ke samping kiri, untuk arah belakang maka manfaatkanlah kaca spion untuk melihat kondisi di belakang.
  2. Pengoperasian Rem: Gunakanlah dengan seimbang rem depan dan rem belakang saat harus memberhentikan sepeda motor.
  3. Menggunakan Jalur Jalan: Manfaatkanlah jalur kiri badan jalan namun jika harus menggunakan jalur kanan maka harus ekstra waspada agar tidak terjadi kecelekaan.
  4. Melakukan Pindah Jalur Jalan: Mengingat kondisi lalu lintas yang kadang memaksa pengendara sepeda motor untuk berpindah jalur maka jangan lupa menggunakan lampu tanda berpindah (lampu sein).
  5. Melewati Jalur Persimpangan Jalan: Mengingat kondisi lalu lintas yang kadang memaksa pengendara sepeda motor untuk berpindah jalur maka jangan lupa menggunakan lampu tanda berpindah (lampu sein).
  6. Melewati Jalan Dengan Kondisi Tak Lazim: Umumnya badan jalan dibuat sedemikian rupa sehingga aman dan nyaman untuk dilalui namun tidak sering seorang pengendara sepeda motor harus melewati jalan dengan kondisi tak lazim seperi berlumpur, berbatu dan kondisi ekstrem lainnya, oleh karena pengendara sepeda motor harus lebih waspada agar terhindar dari kecelekaan.
  7. Mematuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas: Untuk memudahkan pengaturan berkendara pada umumnya terdapat berbagai rambu-rambu lalu lintas yang mudah dipahami dan dipatuhi oleh karena itu ada baiknya seorang pengendara sepeda motor untuk menambah pengetahuan seputar rambu-rambu lalu lintas.

Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar: