26 Mei 2015

Jawaban Yahoo Dan Google Atas Pertanyaan Danny Sullivan Mengenai Meta Tag Robots

Danny Sullivan adalah salah satu pendiri sekaligus editor dari situs web Search Engine Land. Ia banyak membahas mengenai perkembangan mesin telusur internet sejak tahun 1996 yang lalu.

Dipopedia-JawabanYahooDanGoogleAtasPertanyaanDannySullivanMengenaiMetaTagRobots.png

Tiga Pertanyaan Danny Sullivan

Beberapa waktu yang lalu, Danny Sullivan mengajukan tiga pertanyaan mengenai respon robot perambah mesin telusur yang dibuat oleh Yahoo Dan Google terhadap:
  1. Apakah akan menimbulkan masalah jika tag yang terkandung pada meta tag robots memuat lebih dari satu?
  2. Apakah robot perambah akan mengenali meta tag robots seperti ini: <META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOYDIR,NOODP,NOARCHIVE">?
  3. Apakah penggunaan spasi dalam konten pada meta tag robots diijinkan, contoh: <META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOYDIR, NOODP, NOARCHIVE">?

Jawaban Yahoo

Jawaban Yahoo atas tiga pertanyaan Danny Sullivan adalah:
  1. Tanya: Apakah akan menimbulkan masalah jika tag yang terkandung pada meta tag robots memuat lebih dari satu? Jawab: Tidak ada jawaban.
  2. Tanya: Apakah robot perambah akan mengenali meta tag robots seperti ini: <META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOYDIR,NOODP,NOARCHIVE">? Jawab: Robot telusur Yahoo akan mengenal meta tag robots seperti contoh yang diberikan (<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOYDIR,NOODP,NOARCHIVE">) tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.
  3. Tanya: Apakah penggunaan spasi dalam konten pada meta tag robots diijinkan, contoh: <META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOYDIR, NOODP, NOARCHIVE">? Jawab: Robot telusur Yahoo akan mengenal beragam atribut dan juga spasi seperti yang terdapat pada contoh meta tag yang diberikan (<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOYDIR, NOODP, NOARCHIVE">).

Jawaban Google

Jawaban Google atas tiga pertanyaan Danny Sullivan adalah:
  1. Tanya: Apakah akan menimbulkan masalah jika tag yang terkandung pada meta tag robots memuat lebih dari satu? Jawab: Googlebot (robot perambah milik Google) akan dapat mengenali beragam tag yang terkandung dalam meta tag robots karena untuk mempermudah proses pengindeksan dan sebaiknya para webmaster harus memiliki kewaspadaan yang tinggi dalam membuat tag robots.
  2. Tanya: Apakah robot perambah akan mengenali meta tag robots seperti ini: <META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOYDIR,NOODP,NOARCHIVE">? dan 3. Apakah penggunaan spasi dalam konten pada meta tag robots diijinkan, contoh: <META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOYDIR, NOODP, NOARCHIVE">? Jawab: Googlebot (robot perambah milik Google) akan dapat mengenali cara penulisan tag pada meta tag robots tanpa harus mempermasalah jenis penggunaan huruf apakah dengan huruf besar semua atau huruf kecil semua dan atau kombinasi atas keduanya.

Petunjuk lain penggunaan meta tag robots dari Google

NOINDEX: digunakan untuk mencegah Googlebot mengindeks laman tersebut secara keseluruhan.
NOFOLLOW: digunakan untuk mencegah Googlebot untuk menelusuri tautan yang terdapat pada laman yang ditelusurinya baik secara keseluruhan maupun tertentu saja.
NOARCHIVE: digunakan untuk mencegah salinan cache untuk tampil pada laman hasil penelusuran.
NOSNIPPET: digunakan untuk mencegah kemunculan deskripsi pada laman hasil penelusuran dan juga mencegah aksi cache pada laman yang dimaksud.
NOODP: digunakan untuk mencegah kemunculan deskripsi yang tercantum pada Open Directory Project pada laman hasil penelusuran.
NONE: serupa dengan "NOINDEX, NOFOLLOW".

Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar: