24 September 2015

Format Peta Situs (Sitemap) Untuk Blog Di Blogdetik

Blogdetik merupakan media bagi banyak orang untuk berbagi banyak hal melalui tulisan. Agar blog yang dibuat di Blogdetik ramah terhadap mesin telusur seperti Google, Bing dan lainnya maka ada baiknya mendaftarkan blog tersebut ke mesin telusur tersebut dan juga melampirkan peta situs (sitemap).

Dipopedia-PetaSitusSitemapBlogdetik.png

Pada Google Search Console (dulu Google Alat Webmaster), Peta situs (sitemap) dapat ditambahkan dengan mengeklik tombol 'Tambahkan/Uji Peta Situs' kemudian menambahkan keterangan 'feed/atom?redirect=false&start-index=1&max-results=500' (tanpa tanda petik) dilanjutkan dengan mengeklik tombol 'Uji Peta Situs' atau 'Mengirim Peta Situs'. Jika berhasil maka Google Search Console akan mendeteksi secara otomatis laman web yang terdapat pada blog di Blogdetik tersebut.

Dengan menambahkan 'feed/atom?redirect=false&start-index=1&max-results=500' maka Google Search Console akan mengindeks laman web dari laman 1 hingga 500. Jika laman web yang terdapat pada blog di Blogdetik lebih dari 500 laman web maka tambahkan peta situs (sitemap) kedua dengan format 'atom?redirect=false&start-index=501&max-results=500' yang dengan sendirinya akan membantu Google Search Console mengindeks laman web dari laman web ke 501 hingga 1000.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai peta situs dapat disimak pada petunjuk umum dari Google yaitu Mengelola peta situs Anda.
Tidak ada komentar: