3 Oktober 2015

5 Negara Kepulauan Terluas Di Dunia

Negara kepulauan adalah negara yang mana daerah teritorialnya meliputi gugusan pulau. Pada umumnya, sumber daya alam negara kepulauan berasal dari kekayaan alam laut dengan persediaan ikannya yang banyak. Sedangkan industri yang paling berkembang di negara kepulauan adalah industri pariwisata yang mengandalkan keindahan alam.

Dipopedia-5NegaraKepulauanTerluasDiDuniaIndonesia.png
Profil Salah Satu Negara Kepulauan Terluas Di Dunia: Indonesia

Berikut ini adalah 5 Negara Kepulauan Terluas Di Dunia, yaitu:

Indonesia

Indonesia terletak di Asia Tenggara dengan luas lebih kurang 1.904.569 km persegi. Negara yang saat ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, meraih kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah mengalami penjajahan dari Perusahaan Hindia Timur Belanda di Indonesia (Vereenigde Oost-Indische Compagnie - VOC) dan Jepang. Hingga saat ini Indonesia masih berjuang untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia meskipun berbagai industri dapat tumbuh dan berkembang namun masih dikuasai oleh para pemodal luar negeri. Salah satu contohnya adalah industri otomotif yang mana hingga saat ini Indonesia masih tergantung produk-produk otomotif dari Jepang.

Jepang

Meski luas area Jepang hanya lebih kurang 377.873 km persegi namun karena memiliki sumber daya manusia yang handal maka Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki kekuatan ekonomi yang stabil di dunia. Keterpurukan setelah mengalami kekalahan pada Perang Dunia Kedua tidak membuat Jepang luluh lantak.

Filipina

Seperti Indonesia, Filipina juga terletak di Asia Tenggara. Dengan luas lebih kurang 300.000 km persegi memiliki kepadatan penduduk sebesar 295 orang per km persegi.

Kepulauan Solomon

Berada di Samudera Pasifik, Kepulauan Solomon yang luasnya lebih kurang 28.400 km persegi meraih kemerdekaan pada tanggal 7 Juli 1978.

Fiji

Satu lagi negara kepulauan dari Samudera Pasifik yaitu Fiji yang memiliki luas lebih kurang 18.274 km persegi atau kurang dari 1% luas Indonesia.
Tidak ada komentar: