9 Oktober 2015

4 Mega Tsunami Dalam Sejarah Peradaban Modern

Perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba dapat menyebabkan perpindahan badan air sehingga memunculkan gelombang air yang tinggi dengan kecepatan yang cukup tinggi pula atau sering disebut dengan Tsunami. Istilah ini menggunakan bahasa Jepang karena tsunami sering terjadi di Jepang setidaknya tercatat telah terjadi 196 kali.

Dipopedia-4MegaTsunamiDalamSejarahPeradabanModern.png

Dalam sejarah perabadan modern, tsunami telah menghancurkan bukan saja lingkungan hidup yang dilalui namun juga peradaban di dalamnya. Berikut ini ada 4 Mega Tsunami Dalam Sejarah Peradaban Modern, yaitu:
  • Letusan gunung berapi Aso yang berada di tengah pulau Kyushu (Jepang) pada tahun 1792 yang menimbulkan tsunami setinggi 100 meter.
  • Pada 9 Juni 1958, daerah sekitar teluk Lituya, Alaska, telah terjadi gempa bumi yang menyebabkan longsornya permukaan laut dan menimbulkan tsunami setinggi 516 meter.
  • Umumnya tsunami disebabkan oleh kejadian alam tanpa campur tangan manusia namun apa yang terjadi pada 9 October 1963 di bendungan Vajont di Italia adalah satu hal yang berbeda. Diduga karena konstruksi bendungan Vajont yang tak mampu menahan debit air sungai Vajont menyebabkan runtuhnya konstruksi tersebut dan menyebabkan gelombang tsunami setinggi 250 meter.
  • Sebuah letusan besar dari gunung berapi lagi-lagi memberikan andil terhadap terjadinya tsunami seperti yang melanda Amerika Serikat tepatnya di sekitar gunung Helena. Gunung Helena yang memiliki ketinggian sekitar 2.549 meter di atas permukaan laut meletus pada 18 Mei 1980 jam 8:32 yang menimbulkan tsunami setinggi 260 meter dan meluluhlantakkan 250 hunian, 47 jembatan, 24 kilometer rel kereta api, 298 kilometer jalan raya dan menelan korban jiwa sebanyak 57 orang.

Gelombang tsunami juga pernah melanda Indonesia dan kawasan lautan Hindia pada 26 Desember 2004 yang berpusat di pantai barat Sumatera, Indonesia, yang menelan korban jiwa sebanyak 230.000 orang yang tersebar di 14 negara di antaranya adalah Indonesia (terutama di Aceh), Sri Lanka, India (terutama di Tamil Nadu), Thailand, Maldives dan Somalia.
Tidak ada komentar: