17 Oktober 2015

Tongsis, Salah Satu Penemuan Hebat Tapi Dilarang Penggunaannya

Tongsis, singkatan dari Tongkat Narsis atau Tongkat eksis, dianggap banyak membantu fotografer amatir dalam hal pengambilan gambar pada momen tertentu yang ingin mereka abadikan. Umumnya, gambar yang diambil menggunakan perangkat ponsel pintar dan orientasinya meliputi si pengambil gambar dan situasi serta kondisi disekitarnya. Pada situs TIME, tongsis atau dalam bahasa Inggris disebut The Selfie Stick, dianggap salah satu dari 25 penemuan terbaik yang ada di tahun 2014. Menurut TIME, tongsis menjadi benda yang mengubah foto selfie dari sekedar fenomena tren menjadi fenomena budaya.

Dipopedia-TongsisSalahSatuPenemuanHebatTapiDilarangPenggunaannya.png

Butuh waktu yang lama bagi Tongsis untuk bisa dianggap sebagai alat yang berguna. Kemajuan teknologi di bidang telekomunikasi yang menghadirkan ponsel pintar mendongkrak kepopuleran tongsis yang telah dipatenkan sejak 23 Juli 1985 oleh Hiroshi Ueda dan Yujiro Mima dengan nomor publikasi US4530580 A. Telescopic Extender For Supporting Compact Camera, demikian Hiroshi Ueda dan Yujiro Mima menamakan temuannya. Selain Hiroshi Ueda dan Yujiro Mima, Wayne G.Fromm juga mematenkan tongsis yang ia sebut sebagai Apparatus For Supporting A Camera And Method For Using The Apparatus namun hak patennya hanya berlaku pada wilayah Amerika Serikat dan Kanada karena perangkatnya tersebut terbentur biaya perluasan hak paten. Sementara itu, dari Indonesia, Babab sebutan populer dari Anindito Respati Giyardani juga mencoba untuk mematenkan tongsis buatannya disertai semboyan: narsis atau mati, namun sayangnya setelah menunggu sejak 20 September 2012 sertifikat hak paten tongsis Babad belum diterimanya.

Tongsis selain memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam menggunakan gadget (ponsel pintar) ternyata juga menghadirkan kesuraman bahkan Wikipedia membuat laman khusus yang memuat berbagai insiden yang mencelakai bahkan menyebabkan kematian pengguna tongsis. Menurut data yang dihimpum Wikipedia tersebut telah terjadi 27 insiden tongsis di seluruh dunia dimana tongsis menjadi perangkat yang menyebabkan kecelakaan dan kematian.

Tidak saja dituding menjadi penyebab kecelakaan, tongsis juga mendapatkan perlakuan yang sinis dibeberapa negara seperti di Korea Selatan yang mengharuskan penggunanya memiliki sertifikat khusus, Perancis terutama di pantai La Garoupe, Antibes, beberapa tempat di Amerika Serikat, Spanyol serta taman hiburan Disneyland.
Tidak ada komentar: