23 Oktober 2015

Membuat Daftar Aplikasi Android Yang Terinstal Tanpa Aplikasi

Sudah berapa banyak aplikasi Android yang sudah Anda instal pada perangkat ponsel pintar Anda? Tidakkah Anda ingin mengetahuinya atau Anda tidak peduli sama sekali? Jika ponsel pintar Anda semakin terasa lambat berinteraksi dengan keinginan Anda yang ingin mengakses aplikasi secara cepat maka mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mengetahui berapa banyak atau aplikasi apa saja yang terinstal pada perangkat ponsel Anda.

Dipopedia-MembuatDaftarAplikasiAndroidYangTerinstalTanpaAplikasi.png

Mungkin di Google Play sudah tersedia aplikasi yang memudahkan Anda untuk membuat daftar berbagai aplikasi yang terinstal tapi bukankah itu berarti Anda harus menginstal satu lagi aplikasi terlepas dari fungsi dan keinginan Anda untuk membuat suatu daftar aplikasi maka perangkat ponsel pintar Anda akan semakin terbebani dan belum lagi, tentu saja, Anda akan dijejali berbagai iklan yang juga akan membebani perangkat ponsel pintar yang Anda miliki.

Jika Anda mengambil keputusan untuk tidak membebani perangkat ponsel pintar Anda dengan aplikasi yang lain hanya untuk membuat daftar aplikasi yang telah terinstal maka Anda bisa melakukannya melalui cara lain.

Adapun untuk Membuat Daftar Aplikasi Android Yang Terinstal Tanpa Aplikasi, yaitu:
  1. Akses akun Google Play.
  2. Klik MyApps untuk melihat daftar aplikasi yang telah terinstal.
    1. Opsi 1:
      1. Sorot seluruh laman dengan menekan tombol Ctrl+A.
      2. Tekan tombol Ctrl+C untuk menyalin seluruh laman.
      3. Buka program word editor (contohnya: Notepad++) dan tempel apa yang telah disalin.
      4. Edit apa yang telah disalin sedemikian rupa sehingga bisa menjadi suatu daftar aplikasi yang telah terinstal.
    2. Opsi 2:
      1. Tekan tombol Ctrl+S atau klik kanan mouse kemudian pilih Save as... untuk menyimpan laman daftar aplikasi dalam berkas HTML.
      2. Pada bagian Save as type, pilih Webpage, Complete.

Keuntungan dengan memiliki daftar aplikasi, selain mengontrol jumlahnya, Anda juga dapat memonitor seberapa sering aplikasi tersebut meminta Anda untuk melakukan pembaruan aplikasi.

Selamat bereksperimen!
Tidak ada komentar: