15 September 2016

Tiga Negara Asia Tenggara Yang Menampilkan Burung Sebagai Lambang Negaranya

Setiap negara memiliki lambang negara yang didesain sedemikian rupa sehingga mewakili ciri khas dari negara tersebut. Ada yang desainnya indah dan terlihat rumit namun juga ada yang didesain secara sederhana tanpa mengurangi arti lambang tersebut.

Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) juga memiliki lambang negaranya masing-masing. Dari 10 negara yang tergabung dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), tiga diantaranya menampilkan burung sebagai lambang negaranya.

Ilustrasi Lambang Negara Di Asia Tenggara Yang Menampilkan Burung
Sumber gambar wikipedia.org

Adapun tiga negara tersebut adalah:
  • Filipina, menampilkan burung Elang Botak yang sebenarnya adalah lambang Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa Filipina pernah menjadi koloni Amerika Serikat.
  • Indonesia, menampilkan burung Garuda yang membawa perisai dilehernya dan pita pada cengkeramannya. Perisai dileher burung Garuda menampilkan lambang dari Pancasila (oleh karena itu lambang negara Indonesia sering disebut dengan Garuda Pancasila). Sedangkan pita pada cengkeramannya menampilkan semboyan yang berbunyi Bhinneka Tunggal Ika yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu".
  • Thailand, juga menampilkan burung Garuda seperti lambang negara Indonesia namun memiliki desain yang jauh berbeda. Lambang negara Thailand tersebut mengalami beberapa kali perubahan hingga akhirnya menjadi desain seperti yang dapat dilihat sekarang.
Tidak ada komentar: