3 September 2017

Panduan Membuat Blog Tanpa Database Dengan HTMLy

HTMLy adalah perangkat lunak membuat blog yang tidak memerlukan database namun hanya bekerja dengan file. Apa yang bisa dilakukan dengan sistem blog seperti ini, bagaimana Anda mengatur fitur dan tema HTMLy, bisa Anda temukan di sini.

HTMLy menghadirkan beberapa fitur di versi 2.7.4 seperti Google Analytics, seperti Google Analytics, sangat penting untuk kebutuhan backend, URL yang ramah mesin telusur, tag, halaman statis dan fungsi arsip yang memungkinan untuk membuat beberapa pengguna, backup online, dan integrasi editor markdown dengan live preview.

Semua fungsi dan kode sumber bisa anda temukan di repositori HTMLy.

Menginstal HTMLy dengan Softaculous

Laman Instal HTMLy Di Softaculous
Laman Instal HTMLy Di Softaculous

Softaculous adalah perpustakaan skrip komersial yang mengotomatisasi pemasangan aplikasi web komersial dan open source ke situs web. Script softaculous dijalankan dari area administrasi panel kontrol situs web, biasanya melalui alat antarmuka seperti cPanel, Plesk, H-Sphere, ISPmanager, DirectAdmin dan InterWorx. Aplikasi softaculous biasanya membuat tabel dalam database, menginstal perangkat lunak, menyesuaikan perizinan, dan memodifikasi file konfigurasi server web. Untuk HTMLy bisa Anda temukan pada bagian Blogs.

Pranala: Situs Hosting Gratis (Bonus Subdomain) Dengan cPanel Dan Softaculous.

Setelah memilih/mengeklik HTMLy maka Anda akan berada di ruang instalasi, klik Install Now, pilih domain yang akan diinstal dengan HTMLy. Anda bisa memilih untuk menginstal HTMLy pada suatu direktori atau tidak. Isi nama pengguna dan passwordnya. Isi kotak email detil penginstalan HTMLy sebelum Anda mengeklik tombol install.

Setelah penginstalan selesai maka Anda dapat mengakses dasbor blog melalui laman masuk blog dengan contoh format: domain.tld/login, ganti domain.tld dengan domain yang Anda kelola.

Untuk merubah atau mengkonfigurasi blog maka akseslah bagian Config. Setelah perubahan dilakukan maka Anda bisa memulai untuk mengisi blog tersebut dengan berbagai jenis konten yang menampilkan teks, gambar, video dan lainnya dengan mengakses bagian Add Content

Laman Add Content
Laman Add Content

Untuk merubah tema blog, Anda harus mengakses bagian Config pada subbagian views.root, isikan kotak tersebut dengan format: themes/namatema, contoh:
  • Tampilan Tema Blog (themes/blog)
  • Tampilan Tema Clean (themes/clean)
  • Tampilan Tema Default (themes/default)
  • Tampilan Tema Logs (themes/logs)
  • Tampilan Tema Twenty Fifteen (themes/twentyfifteen)
  • Tampilan Tema Twenty Sixteen (themes/twentysixteen)

Tampilan Tema Default
Tampilan Tema Default

Jika keenam tema blog di atas belum sesuai dengan kehendak maka Anda bisa menambahkannya sendiri dengan mengunduh pada repositori HTMLy. Adapun tema yang tersedia di sana adalah Clean Blog, Ignite, dan Vapor.

Untuk melihat tema silakan mengakses tautan berikut: Tema Blog HTMLy.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai perangkat lunak membuat blog yang tidak memerlukan database.

Bersediakah Anda mencoba untuk menggunakan HTMLy sebagai pembangun blog tanpa database?
Tidak ada komentar: