22 Mei 2015

RDBMerge: Add-in Excel Penggabung Data

RDBMerge adalah cara mudah bagi pengguna Excel dalam usaha menggabungkan beragam data yang tercantum pada berkas Bukukerja-Bukukerja (Workbooks), CSV (Comma Separated Values) dan XML (Extensible Markup Language) dalam satu kesatuan Bukukerja.

Dipopedia-RDBMergeAddInExcelPenggabungData.png

Penginstalan RDBMerge

Cara menginstal RDBMerge

  • Unduh dan ekstrak versi RDBMerge yang sesuai dengan versi Excel 2007-2013 version 1.4 atau Excel 97-2003 version 1.3.
  • Salin dan tempatkan berkas RDBMerge.xla(m) pada direktori tak terproteksi pada sistem komputer Anda.
  • Aktifkan Excel untuk membuat Bukukerja (Workbook) yang baru.

Petunjuk tambahan

Untuk Excel 97-2003:
  • Klik Tools, Klik Add-Ins, gunakan tombol Browse untuk mencari dan mengaktifkan add-in.
  • Klik OK, verifikasi eksistensi RDBMerge dengan mencentang kotak disebelahnya kemudian klik OK.

Untuk Excel 2007-2013
  • 2007: Klik tombol Microsoft Office, klik Opsi Excel, klik tab Add-Ins.
  • 2010-2013: Klik File, klik Options kemudian klik tab Add-ins. Pada menu drop-down, pilihlah Excel Add-ins kemudian klik Go. Klik tombol Browse untuk mencari sekaligus mengaktifkan add-in. Verifikasi eksistensi RDBMerge dengan mencentang kotak disebelahnya kemudian klik OK.

Petunjuk Penggunaan RDBMerge

Pada Excel 2007-2013 tombol RDBMerge dapat ditemukan pada tab Ribbon berlabel Data sedangkan pada Excel 97-2003 tombol RDBMerge dapat ditemukan pada tab menu berlabel Data.

Memilih Lokasi Folder (Folder Location): Pada pilihan Lokasi Folder, klik tombol Browse untuk dapat memilih berkas yang akan digabungkan.

Memilih Jenis Berkas (Which Files): Pada pilihan Jenis Berkas, pilihlah jenis ekstensi berkas yang akan digabungkan. Jika memilih opsi “XL?” maka akan dapat menggabungkan berbagai berkas dengan ekstensi yang dimulai dengan XL (xls, xlsx, xlsm atau xlsb). Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut maka bisa mendapatkannya dengan mengeklik tombol Tips.

Memilih Lembar Kerja Pilihan (Which worksheet(s)): Pada opsi ini Anda bisa memilih berdasarkan indeks atau nama. Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut maka bisa mendapatkannya dengan mengeklik tombol Tips.

Memilih Jangkauan Data (Which Range): Anda mendapatkan opsi untuk menggabungkan data pada jangkauan data terpilih. Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut maka bisa mendapatkannya dengan mengeklik tombol Tips.

Setelah mengeklik tombol Merge maka akan menghasilkan satu Bukukerja (Workbook) yang memuat dua Lembar Kerja (Worksheets):
  • Lembar hasil penggabungan data.
  • Lembar pencatatan yang memuat informasi penggabungan data.

Dengan demikian Anda dapat melanjutkan apa yang sedang dikerjakan.

Semoga bermanfaat!
1 komentar: