29 September 2015

Google Belum Mengindeks Posting Terakhir Yang Dipublikasikan? Ini Solusinya!

Sebagai pengelola blog dipoPedia ini saya ingin agar Google melalui botnya, yaitu Googlebot, bisa lebih cepat mengindeks posting terkini yang saya publikasikan. Namun, ternyata hal itu sulit terwujud meskipun saya tidak melakukan penyetelan khusus yang membuat jalan Googlebot terhambat. Lihat saja screenshot (pertama) di bawah ini yang saya ambil dari tampilan Google Search Console. Tidak ada satu pun kesalahan dan peringatan dalam sesi Penguji robots.txt. Tapi kenapa Googlebot belum mengindeks posting terakhir yang saya publikasikan pada tanggal 28 September 2015 jam 20:35 WIB (lihat screenshot kedua)?

Screenshot Google Search Console - Penguji robot.txt

Dipopedia-PengujiRobotTxtGoogleSearchConsole.png
Klik Untuk Memperbersar Gambar

Screenshot Google Cari - Laman Penelusuran

Dipopedia-HasilPenelusuranGoogleCariTerhadapPostingTertentu.png

Ternyata meskipun posting tersebut sudah dibagi ke GooglePlus, Facebook dan Twitter, hal tersebut tidak membuat Googlebot lebih cepat mengindeks.

Untuk mengatasi hal ini, membuat saya terpaksa untuk membuat Googlebot lebih cepat mengindeks posting terakhir yang saya publikasikan pada tanggal 28 September 2015 jam 20:35 WIB dengan cara mengakses Google Search Console - Rayapi URL kemudian menginput URL posting tersebut dilanjutkan dengan menyelesaikan tantangan reCAPTCHA dan menekan tombol Kirim Permintaan (lihat screenshot ketiga).

Screenshot Google Search Console - Rayapi URL

Dipopedia-RayapiURLGoogleSearchConsole.png

Hasilnya, hanya dalam waktu satu menit Google sudah mengindeks posting terakhir yang saya publikasikan pada tanggal 28 September 2015 jam 20:35 WIB (lihat screenshot keempat).

Screenshot Google Cari - Laman Penelusuran (Kedua)

Dipopedia-HasilPenelusuranGoogleCariTerhadapPostingTertentu02.png
Tidak ada komentar: