25 Oktober 2015

Ricardo Tormo Sambut Rossi Atau Lorenzo?

Tujuh kali juara dunia kelas MotoGP, Valentino Rossi akan menghadapi tantangan yang luar biasa menyusul aksinya di Grand Prix Malaysia. Kegeraman Valentino Rossi terhadap Marc Marquez justru membuatnya harus tampil di grid paling belakang pada Grand Prix Valencia. Insiden yang melibatkan Valentino Rossi dan Marc Marquez di sirkuit Sepang pada lap ke 6 di tikungan ke 14 merupakan puncak persaingan antara keduanya dalam meraih gelar juara dunia MotoGP. Di sisi lain, insiden tersebut sangat menguntungkan Jorge Lorenzo yang finis di posisi ke dua di belakang Dani Pedrosa. Dengan hanya selisih 7 poin maka bisa saja gelar juara dunia MotoGP berhasil diraih kembali oleh Jorge Lorenzo yang terakhir diraih olehnya pada tahun 2012 yang lalu.

Dipopedia-RicardoTormoSambutRossiAtauLorenzo.png

Insiden di sirkuit Sepang antara Valentino Rossi dan Marc Marquez mengingatkan banyak orang terhadap kejadian serupa di sirkuit Assen pada musim balap 2015 ini. Saat itu Valentino Rossi 'terpaksa' mengambil jalan pintas untuk menghindari aksi halau Marc Marquez dan meraih gelar juara di sirkuit Assen. Mengenai kejadian tersebut, Marc Marquez menyindir Valentino Rossi dengan berkomentar, "(Aksi) Motocross yang hebat! Hanya itu, tidak ada yang lain".

Penampilan Valentino Rossi di Grand Prix Valencia 2014 tidak terlalu buruk sedangkan Jorge Lorenzo tidak finis. Valentino Rossi meraih podium di posisi ke dua di belakang Marc Marquez dan jika ia tampil hebat apalagi bisa juara, kemungkinan besar ia akan menyamai rekor Giacomo Agostini yang berhasil meraih gelar juara dunia sebanyak 8 kali. Rekor tampil Valentino Rossi di Grand Prix Valencia secara keseluruhan kurang memuaskan dimana dari delapan kali tampil sejak tahun 2007, posisi terbaiknya hanya berhasil meraih podium ke dua bahkan dua kali tidak bisa finis di sirkuit yang memiliki panjang 4.005 km ini.

Berikut ini adalah tabel podium Grand Prix Valencia Sirkuit Ricardo Tormo 5 tahun terakhir, yaitu:

TahunPodium 1Podium 2Podium 3
2014Marc MarquezValentino RossiDani Pedrosa
2013Jorge LorenzoDani PedrosaMarc Marquez
2012Dani PedrosaKatsuyuki NakasugaCasey Stoner
2011Casey StonerBen SpiesAndrea Dovizioso
2010Jorge LorenzoCasey StonerValentino Rossi
Tidak ada komentar: