17 Januari 2017

Keanehan Blogger Fitur HTTPS

Sebagai media untuk memudahkan banyak orang berbagi berbagai hal baik dalam bentuk tulisan (teks), gambar maupun video, Blogger telah menjadi pilihan yang cukup menyenangkan. Hadir sejak tahun 1993, Blogger yang dikembangkan oleh Pyra Labs telah mendapati kesuksesannya yang membuat raksasa mesin telusur Google mengakuisi mereka pada tahun 2003 silam.

Pengalihan HTTPS

Berbagai pengembangan dilakukan oleh Google dan timnya untuk membuat Blogger lebih nyaman dapat bersaing dengan layanan sejenis (misalnya WordPress). Dengan kesederhanaannya Blogger masih tetap eksis hingga kini. (Baca juga: Pembaruan Fitur Blogger).

Keamanan merupakan faktor penting dalam berselancar di internet oleh karena itu Google dan tim ingin membuat penggunan layanan Blogger tetap aman dengan memperkenalkan fitur HTTPS. (Baca juga: Blogger Mengamankan Penggunanya Dengan Fitur HTTPS). Namun ada keanehan yang hingga kini belum dapat diatasi yaitu tidak adanya perubahan terhadap URL meskipun fitur HTTPS telah diaktifkan jika URL dilihat dari dasbor blog. Untuk membuktikannya, silakan buat satu post kemudia salin URL post tersebut langsung dari dasbor blog maka Anda akan mendapati bahwa URL blog tidak belum berubah meski fitur HTTPS telah diaktifkan namun jika Anda mengaksesnya melalui browser favorit maka secara otomatis akan beralih ke sambungan terenkripsi.

Semoga dalam waktu mendatang, Google dan tim dapat melakukan pengembangan yang lebih baik lagi untuk mendukung fitur HTTPS di Blogger.
Tidak ada komentar: