2 Oktober 2020

Dunia Blog : Peluang Dan Pengoptimalannya

Siang malam tunggu panggilan! Begitulah kondisi kerja yang saya alami saat ini sejak merebaknya wabah virus corona. Beruntung sudah kenal dunia blog sejak lama yang membuat saya tidak membuang waktu dengan percuma.


Gambar oleh enjoynz.


Menurut saya, dunia blog tidak melulu mengenai kemampuan menuliskan apa yang dipikirkan dan memikirkan apa yang akan ditulis tapi lebih apa yang ingin dibagi kepada dunia baik melalui teks, gambar maupun video atau gabungan diantaranya.

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Membuat blog bisa dengan mudah dengan memanfaatkan berbagai situs layanan membuat situs weblog secara gratis seperti Blogger.com, WordPress.com dan lainnya. Jika tidak ingin yang gratisan maka bisa saja menggunakan layanan situs hosting yang berbayar sekaligus menggunakan domain sendiri.

Untuk yang baru memulai saya sarankan menggunakan yang gratisan saja karena tidak banyak yang harus dikhawatirkan termasuk segala biaya yang timbul dari kegiatan nge-blog. Misalnya di Blogger.com selain bisa membuat posting juga bisa mempelajari HTML, Javascript dan lainnya yang bisa berguna untuk memberikan sentuhan personel pada blog. Sedangkan di WordPress.com akan lebih berkonsentrasi membuat konten blog jika ingin lebih dari itu maka harus merogoh kocek.

Sebelum membuat blog di Blogger.com sebaiknya memiliki akun Google terlebih dahulu karena beberapa layanan Blogger.com ada yang terintegrasi dengan Google. Setelah blog dibuat maka lakukan konfigurasi di setelan yang sudah disediakan kemudian lanjut membuat konten. Jangan lupa juga mendaftarkan blog di Google Search Console supaya bisa meningkatkan keberadaan blog di penelusuran Google juga membagikan ke media sosial.

Apa Itu Dunia Blog?

Dalam dunia blog juga banyak peluang yang bisa dialami seperti membuat karya yang bermanfaat (seprti yang disampaikan dengan baik oleh mbak Widyanti Yuliandari saat #WebinarIM3OoredooxIIDN Episode #23), menambah relasi sesama netizen dan yang paling menjadi primadona adalah menghasilkan uang.

Peluang Membuat Karya Yang Bermanfaat

Belajar dari rumah sedang menjadi tren sejak wabah corona. Dunia pendidikan memaksa anak didiknya belajar bersama keluarganya di rumah. Siapa yang paling kerepotan? Tentu saja orang tuanya yang harus setia mendampingi buah hatinya dalam mengerjakan tugas yang harus diselesaikan di rumah.

Untuk mendukung peran orang tua tersebut maka buatlah karya-karya yang bisa menambah pengetahuan orang tua dalam hal mendidik anak dalam banyak hal terutama pendidikan. Tidak hanya untuk orang tuanya saja tetapi juga untuk si anak itu sendiri supaya bisa lebih termotivasi dalam menyelesaikan tugasnya.

Peluang Menambah Relasi Sesama Netizen

Untuk menambah relasi sesame netizen tidak cukup dengan membuat blog maka bergabunglah diberbagai media sosial yang sudah terkenal dan banyak penggunannya seperti Facebook, Twitter, YouTube, Instagram dan lainnya.

Peluang Menghasilkan Uang

Untuk peluang yang satu ini, menurut saya, butuh totalitas dalam hal mengurus blog. Totalitas yang yang dimaksud adalah membuat konten yang memang bermanfaat bagi pengunjung, berinteraksi dengan pengunjung dan rajin membagikan konten ke berbagai media supaya dilihat banyak orang karena sumber penghasilan utama suatu blog adalah konten.

Selain mengandalkan konten (yang misalnya diikutkan dalam lomba blog), bisa juga blog dipasangi iklan misalnya dari Google AdSense atau sejenisnya atau bisa saja produk yang diproduksi sendiri.

Dukungan IMpreneur

Menurut situs resmi Indosat Ooredoo, IMpreneur adalah paket khusus yang di design untuk pelaku SME (Small Medium Enterprise – Usaha Kecil Menengah) di Indonesia yang ingin memberikan kemudahan tunjangan komunikasi bagi karyawan nya. Di dalam paket ini, pelanggan bisa membagikan kuota, nelpon ke operator lain dan juga kuota bisnis kepada karyawannya.

IMPreneur Perlancar Komunikasi Tim Bisnismu


Kata kunci dari IMpreneur adalah komunikasi. Dan itulah yang paling menonjol di dunia blog yaitu komunikasi baik lewat teks, gambar dan video atau gabungan diantaranya.

Nah, supaya komunikasi tetap lancar sekaligus mengoptimalkan peluang dunia blog maka pilihlah IMpreneur Fit 150k yang besarnya 30GB terbagi untuk 25GB Kuota Utama dan 5GB Kuota Aplikasi.

Akhir Kata

Demikianlah entri blog bertema Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog dengan harapan bisa menambah wawasan mengenai dunia blog. Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging.

Lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging
Tidak ada komentar: