25 Juni 2015

Mengatasai Masalah localhost Pada XAMPP Dan IIS

Jika Anda adalah sedang mengembangkan aplikasi berbasis situs web tentunya sudah tidak asing lagi dengan XAMPP Dan IIS. XAMPP adalah akronim dari X (dibaca "cross", yang berarti lintas platform), Apache HTTP Server, MySQL, PHP dan Perl. Dengan demikian XAMPP akan sangat membantu para pengembang aplikasi dalam membuat aplikasinya dapat beroperasi pada berbagai platform yang umum digunakan banyak orang. IIS, singkatan dari Internet Information Services, adalah server situs yang dikembangkan oleh Microsoft untuk diaplikasikan pada sistem operasi Windows.

Masalah yang terjadi adalah saat mengakses localport dengan menggunakan XAMPP mungkin Anda akan mendapatkan tampilan laman situs dari IIS. Masalah tersebut dapat diatasi dengan cara menentukan port mana yang harus diakses baik oleh XAMPP maupun IIS. Dalam hal ini, petunjuk yang ada adalah memindahkan port IIS agar XAMPP dapat diakses melalui port 80.

Dipopedia-IIS7-2.png

Untuk memindahkan port IIS maka perlu menerapkan langkah-langkah berikut:
  • Tekan tombol Start dan tombol R, kemudian ketikkan inetmgr yang akan membuka jendela Internet Information Services Manager.
  • Pada bilah Connections, pilih Default Web site.
  • Pada bilah Actions, pilih Binding.
  • Pilih dan edit http untuk merubah port-nya dari 80 ke 8080.
  • Klik tombol Ok dan Close serta tutup jendela Internet Information Services Manager.
  • Aktifkan XAMPP kemudian akseslah localport dengan menggunakan browser favorit Anda.
Tidak ada komentar: