18 November 2017

Piala Dunia 2018: Kejutan dari Zona Eropa Dan CONCACAF

Di Piala Dunia 2018 nanti, diantara 32 tim yang bertanding, tidak akan dapat ditemui tiga nama besar sepakbola Eropa yaitu Yunani dan Belanda serta Italia. Mereka telah gagal bersaing sehingga tidak bisa merebut satu dari 13 tiket yang tersedia yang mana telah dimiliki oleh Jerman (Juara Bertahan), Perancis (Juara 1998), Portugal, Serbia, Polandia, Inggris (juara 1966), Spanyol (Juara 2010), Belgia, Islandia (Debut), Swiss, Kroasia dan Denmark serta Swedia.

Dipopedia-KualifikasiPialaDunia2018ZonaEropa.png

Diantara Yunani dan Belanda serta Italia, nasib paling buruk dialami oleh Belanda yang hanya mampu menempati peringkat 3 babak kualifikasi di bawah Perancis dan Swedia. Sedangkan Yunani dan Italia gagal memanfaatkan kesempatan terakhir untuk mendapatkan tiket setelah menyerah dari lawannya masing-masing yaitu Kroasia dan Swedia di babak play-off.

Yunani dihancurkan dengan skor 1-4 saat bermain di Kroasia yang membuat Stadion Karaiskakis di Piraeus (Yunani) tidak mampu membangkitkan semangat pasukan Michael Skibbe untuk mengejar ketinggalan tiga gol. Secara total, Kroasia menang dengan skor 4-1 atas Yunani.

Keangkeran San Siro di Milan (Italia) juga tidak memberikan banyak pengaruh bagi Italia yang dikapteni oleh Gianluigi Buffon sehingga tidak mampu menaklukan Swedia yang mengandalkan kemenangan 1-0 saat bermain di Friends Arena di Solna (Swedia). Skor total 1-0 sudah cukup mengantar Swedia ke Piala Dunia 2018, sementara Italia larut dalam kemalangan yang luar biasa.

Kejutan lain dari konfederasi Eropa adalah tampilnya Islandia untuk pertama kali diajang Piala Dunia. Mereka tampil impresif saat menjalani babak kualifikasi dengan meraih peringkat pertama dengan 7 kali kemenangan, 1 kali seri dan 2 kali kalah yang membuat mereka mengumpulkan poin sebanyak 22. Selain Islandia, Panama juga menjalani debutnya di Piala Dunia setelah berhasil meraih peringkat ketiga zona CONCACAF menemami Meksiko dan Kosta Rika.
Tidak ada komentar: