2 April 2016

Apa Yang Terjadi Jika Semua Orang Menjadi Vegetarian?

"Jika semua orang secara tiba-tiba menjadi vegetarian, apa efek sampingnya terhadap kehidupan dan planet bumi ini?"

Berikut ini adalah jawaban Tim AsapScience atas pertanyaan tersebut.

Ilustrasi Apa Yang Terjadi Jika Semua Orang Menjadi Vegetarian? - Dipopedia

Tanpa permintaan daging, seluruh peternakan domestik akan hilang sehingga akan membebaskan 33 juta kilometer persegi tanah yang digunakan untuk padang rumput.

Hilangnya pohon untuk menyerap CO2 adalah salah satu faktor utama dalam pemanasan global dan pembebasan tanah (secara kolektif, seukuran Afrika) akan menyebabkan meningkatkannya CO2. Diketahui bahwa seekor sapi merupakan penyumbang besar produksi gas metana (CH4), dan penurunan ketergantungan pada ternak hidup-yang menghasilkan sebanyak 15 persen gas rumah kaca-akan sangat mengurangi tingkat CH4.

Secara dratis menurunkan konsumsi air dengan perbandingan yang mana untuk membuat satu kilogram daging membutuhkan 15.000 liter sedangkan untuk mengairi kebun hanya membutuhkan 300 liter.

Efek samping lainnya adalah tidak adanya produk kulit dan penggunaan lemak hewan pada kosmetik, deterjen dan produk lainnya serta menyebabkan satu juta orang yang tergantung pada produksi hewan hidup menganggur.

Dengan populasi vegetarian yang rendah di Amerika Serikat (sekitar 5 persen), kondisi tersebut di atas mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat namun skenario di atas akan membantu mengubah pandangan setiap orang mengenai akibat perubahan dari mengkonsumsi daging menjadi vegetarian.
Tidak ada komentar: