8 Oktober 2016

Google Pensiunkan Panoramio

Diakuisisi oleh Google pada Juli 2007, Panoramio yang diluncurkan pada 3 Oktober 2005 telah menjadi tempat pengguna Google untuk berbagi foto geolokasi. Namun seiring dengan perkembangan di Google yang menghadirkan Google Maps yang kaya akan fitur menarik, Panoramio akan dipensiunkan oleh Google pada 4 November 2016.

Screenshot Pemberitahuan Pengakhiran Layanan Panoramio
Screenshot Pemberitahuan Pengakhiran Layanan Panoramio

Pengakhiran Panoramio sebenarnya sudah direncanakan oleh Google sejak tahun 2014 silam namun karena satu dan lain hal rencana tersebut mengalami penundaan. Adalah Joaquín Cuenca Abela dan Eduardo Manchón Aguilar yang membidani kelahiran Panoramio. Dua orang pengusaha asal Spanyol tersebut tidak menyangka akan sambutan yang besar dimana dalam waktu singkat pengguna Panoramio sangat antusias untuk berbagi foto.

Seiring dengan pengakhiran layanan berbagi foto melalui Panoramio yang akan dihentikan pada 4 November 2016, Google menyarankan pengguna Panoramio mengekspor berkasnya atau tidak perlu melakukan apapun karena Google akan menyimpan berkas tersebut ke dalam Google Arsip Album (Google Album Archive). Selain itu, Google juga menginginkan agar pengguna Panoramio dapat terus aktif berbagi foto melalui layanan mereka lainnya seperti Google Maps dan Local Guides program.

Panoramio merupakan salah satu produk Google yang diakhiri pelayanannya mengikuti Google Video, Helpouts by Google, SearchMash, Google Reader, Dodgeball, Google Deskbar, Google Answers, Google Browser Sync, Google X, Picasa Hello, Google Lively, Google Page Creator, Google Catalogs, Google Shared Stuff, Google Wave, Google Nexus One, Goog 411, Google Health, Google PowerMeter, dan IGoogle.
Tidak ada komentar: