11 November 2015

Mengatasi Kesalahan Perayapan Yang Terdeteksi Google Search Console

Salah satu manfaatkan menggunakan Google Search Console untuk mengawasi keberadaan situs web/blog adalah dapat mengetahui apabila ada laman yang tidak dapat diakses oleh robot mesin telusur seperti Google Bot dan sejenisnya. Pada Google Search Console terdapat fitur Kesalahan Perayapan yang dapat menunjukkan laman mana yang memerlukan perbaikan terutama pada stuktur alamat atau URL (Uniform Resource Locator). Untuk mengatasi kesalahan perayapan yang terdeteksi Google Search Console maka untuk situs web/blog yang dibuat di Blogger dapat memanfaatkan fitur Pengalihan Khusus yang merupakan bagian dari Setelan Preferensi penelusuran Kesalahan dan pengalihan.

Dipopedia-KesalahanPerayapan-GoogleSearchConsole.png

Klik tombol Edit pada Fitur Pengalihan Khusus kemudian dilanjutkan dengan mengeklik tombol Pengalihan baru. Lalu isilah kotak Dari (yang merupakan laman yang tidak dapat diakses oleh robot mesin telusur yang tercantum pada Google Search Console) kemudian dilanjutkan dengan mengisi kotak Kepada (yang merupakan laman tujuan dari laman yang tidak dapat diakses oleh robot mesin telusur yang tercantum pada Google Search Console). Centanglah kotak dengan keterangan Permanen dan klik tombol Simpan perubahan.

Pada Google Search Console pada fitur Kesalahan Perayapan, klik kotak didepan URL (Uniform Resource Locator) kemudian dilanjutkan dengan mengeklik tombol TANDAI SEBAGAI TELAH DIPERBAIKI kemudian klik tombol OK untuk menghapus daftar URL (Uniform Resource Locator) dari laman yang tidak dapat diakses oleh robot mesin telusur yang tercantum pada Google Search Console.

Berikut ini adalah video presentasi bagaimana Mengatasi Kesalahan Perayapan Yang Terdeteksi Google Search Console.

Tidak ada komentar: