18 November 2015

Top 5 Goalie Yang Haus Gol

Tugas utama Goalie alias kiper adalah menjaga gawang agar tidak kemasukan bola baik yang berasal dari serangan tim lawan maupun dari tim yang dibelanya. Berbeda dengan posisi pemain lainnya, kiper boleh menggunakan tangannya untuk menghadang bola selama di dalam area kotak penalti. Posisi kiper pun mempunyai keistimewaan lain yaitu jarang diganti saat pertandingan berlangsung selama si kiper tidak menerima hukuman kartu merah atau dua kartu kuning secara berturut-turut saat pertandingan berlangsung atau cedera berat. Umumnya, karir seorang goalie lebih panjang dibandingkan karir pada posisi lainnya seperti penyerang, gelandang atau bek.

Dipopedia-Top5GoalieYangHausGol.png

Meski bukan bagian dari strategi serangan namun goalie seringkali membantu terutama saat ada kesempatan atau situasi untuk melakukan tendangan bebas, penalti atau tendangan sudut. Berikut ini adalah Top 5 Goalie Yang kerap kali memanfaatkan situasi tersebut dan mampu mencetak gol, yaitu:

5. Johnny Vegas Fernández

Karir profesional Johnny Vegas Fernández berawal di klub sepakbola Sport Boys pada tahun 1997. Dalam karirnya ia sukses mencetak 39 gol dari 413 pertandingan. Hingga saat ini ia masih aktif untuk membela Club Deportivo Pacífico FC yang berada di Liga Peru Divisi II.

4. René Higuita

El Loco, begitulah julukan René Higuita yang pernah melakukan tendangan kalajengking untuk menghalau bola yang akan masuk ke gawang yang dijaganya. Sepanjang karirnya, René Higuita menjadi andalan klub dan tim nasional Kolombia dimana ia mengoleksi 41 gol dari 448 pertandingan.

3. Dimitar Ivankov

Dari Amerika Latin kini beralih ke Eropa. Pemain asal Bulgaria, Dimitar Ivankov merupakan (hingga kini) satu-satunya goalie asal Eropa yang haus gol. Dari 542 pertandingan yang dilalui, ia berhasil mencetak 42 gol ke gawang lawan.

2. José Luis Chilavert

Satu-satunya goalie yang mampu mencetak hattrick (tiga gol ke gawang lawang dalam satu pertandingan), José Luis Chilavert menempatkan dirinya diposisi dua terbaik dalam jajaran kiper yang haus gol. 798 pertandingan telah ia lewati dan mampu mencetak 62 gol. Karirnya ditutup dengan meraih gelar juara Liga Paraguay bersama Peñarol di tahun 2004.

1. Rogério Ceni

Pemain kelahiran Pato Branco, Brasil, ini menjadi bagian dari kesuksesan tim nasional sepakbola Brasil di ajang internasional. Meskipun memiliki karir gemilang ditingkat klub, namun Rogério Ceni kurang mendapatkan kesempatan yang besar untuk bermain di tim nasional dengan hanya mencatat 16 kali pertandingan. Goalie yang sukses mengoleksi gelar juara Piala Dunia FIFA 2002 dan Piala Konfederasi FIFA 2007 ini memiliki statistik gol yang banyak yaitu 131 gol dari 1237 pertandingan bersama São Paulo yang dibelanya sejak tahun 1992 hingga kini (2015).
Tidak ada komentar: