6 November 2015

Karakter 3 Film Superhero Yang Dibuat Ulang Latar Belakangnya

Film superhero tidak pernah berhenti menarik perhatian banyak orang. Meski begitu tidak semua film superhero berhasil menjadi ikon pujaan banyak orang meski karakternya sudah akrab ditengah masyarakat. Dari sekian banyak superhero yang diangkat menjadi film mungkin hanya Superman, Batman, dan Spiderman yang menuai banyak pujian dan berkat kelihaian sutradara karakter superhero yang menjadi tokoh utama mengalami beberapa perubahan terutama pada plot cerita dan juga kostumnya.

Dipopedia-Karakter3FilmSuperheroYangDibuatUlangLatarBelakangnya3.png

Berikut ini adalah Karakter 3 Film Superhero Yang Dibuat Ulang Latar Belakangnya, yaitu:

Superman: Versi Richard Donner (1978) Versus Zack Snyder (2013)

Superman bukan hanya sekedar superhero yang diidolakan kehadirannya di seluruh dunia namun telah menjadi ikon kepahlawan bangsa Amerika Serikat. Karakter superhero rekaan Jerry Siegel dan Joe Shuster pada 1933 ini merupakan cikal bakal kelahiran superhero lainnya yaitu Batman. Diperkenalkan melalui komik pada 1938, Superman berhasil mencuri perhatian banyak orang termasuk mereka di industri perfilman. Pada tahun 1978, Richard Donner menyutradarai film Superman yang dibintangi oleh Christopher Reeve yang berperan sebagai Kal-El/Clark Kent/Superman. Zack Snyder mengangkat tema yang berbeda dengan Richard Donner dalam hal latar belakang perjalanan Clark Kent menjadi Superman. Dari segi kostum pun memiliki perbedaan yang cukup mencolok dimana versi Richard Donner warna utama biru dan merah serta warna emas disesuaikan dengan tampilannya di buku komik sedangkan Zack Snyder memberikan kostum baru yang berbeda meski warna biru dan merah masih mendominasi. Perbedaan lainnya adalah Clark Kent versi Richard Donner telah bekerja sebagai jurnalis surat kabar The Daily Planet sedangkan pada versi Zack Snyder, Clark Kent yang diperankan oleh Henry Cavill mendapat pekerjaan sebagai jurnalis surat kabar The Daily Planet pada akhir film.

Batman: Versi Tim Burton (1989) Versus Christopher Nolan (2005)

Pada Versi Tim Burton, Bruce Wayne memilih menjadi Batman setelah mengalami trauma yang mendalam akibat orang tuanya dibunuh oleh Jack Napier (diperankan oleh Jack Nicholson) yang kemudian menjuluki dirinya sebagai The Joker. Film yang dibintangi Michael Keaton sebagai Bruce Wayne dan juga Batman ini berhasil membunuh The Joker. Berbeda dengan versi Christopher Nolan yang membuat karakter Batman lebih manusiawi menceritakan petualangan Bruce Wayne yang pergi keliling dunia untuk mempelajari dunia kejahatan sampai akhirnya ia bertemu dengan komplotan yang menyebut dirinya the League of Shadows yang dipimpin Ra's al Ghul, orang yang dianggap sebagai guru namun ternyata juga menjadi dalang kematian kedua orang tua Bruce Wayne. Demi menyelamatkan kota Gotham dari cengkraman the League of Shadows, Bruce Wayne yang diperankan oleh Christian Bale merubah dirinya menjadi Batman.

Spiderman: Versi Sam Raimi (2002) Versus Marc Webb (2012)

Sam Raimi menggarap Spiderman trilogi yang dirilis pada 2002, 2004 dan 2007 dimana karakter Peter Parker/Spiderman dibintangi oleh Tobey Maguire. Yang menjadi perbedaan versi Spiderman buatan Sam Raimi dan Marc Webb adalah latar belakang kematian orang Peter Parker yang oleh Marc Webb disajikan dengan jelas. Kematian paman dari Peter Parker pun berbeda dimana versi Sam Raimi paman Peter Parker dibunuh oleh perampok yang akhirnya bertarung langsung dengan Spiderman pada Spiderman 3 sedangkan versi Marc Webb paman Peter Parker dibunuh oleh perampok toko kelontong. Yang menjadi musuh utama pun berbeda, Tobey Maguire yang berperan sebagai Peter Parker/Spiderman harus menghadapi Green Goblin yang dibaliknya adalah ayah teman karibnya sendiri sedangkan pada karakter Peter Parker/Spiderman yang dibintangi Andrew Garfield harus menghadapi Kadal yang merupakan jelmaan dari percobaan laboratorium Dr. Curt Connors yang diperankan oleh Rhys Ifans.
Tidak ada komentar: