12 November 2015

Modal 12 Kali Podium, Lorenzo Raih Gelar Juara Dunia MotoGP 2015

Pertarungan MotoGP 2015 menyisakan kegembiraan dan juga kesedihan. 36 pembalap yang mengikuti MotoGP tentunya akan mengambil banyak pelajaran dari perjalanan mereka menempuh lap demi lap untuk meraih satu tujuan pasti yaitu gelar juara dunia MotoGP 2015. Dari 18 grand prix yang direncanakan diselenggarakan di 18 sirkuit di 14 negara semua dapat berlangsung dengan lancar tanpa ada penundaan.

Dipopedia-PosisiPembalapDiMotoGP2015.png
Sumber tabulasi: en.wikipedia.org

Valentino Rossi, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa adalah 4 pembalap yang berhasil menjuarai pertempuran di berbagai Grand Prix yang digelar di tahun 2015 namun yang sukses memenangkan peperangan adalah pembalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo. Keberhasilan Jorge Lorenzo memenangi gelar juara dunia MotoGP 2015 melengkapi dua kesuksesan yang pernah diraihnya pada tahun 2010 dan 2012 sekaligus mengubur impian Valentino Rossi untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2015 dan gelar juara dunia ke 8.

Performa Jorge Lorenzo di musim 2015 mulai menunjukkan peningkatan yang signifikan menyusul persaingannya dengan juara bertahan Marc Marquez dan rekan satu timnya Valentino Rossi terjadi di Grand Prix Spanyol dimana ia berhasil menjadi penguasa Sirkuit Jerez kemudian dilanjutkan di Grand Prix Perancis, Grand Prix Italia, dan Grand Prix Catalunya. Puncak persaingan yang diwarnai dengan drama insiden antara Marc Marquez dan Valentino Rossi di Sirkuit Sepang Malaysia memberikan keuntungan tersendiri bagi Jorge Lorenzo yang meski berhasil meraih posisi kedua namun masih terpaut 7 angka dari Valentino Rossi yang memimpinan klasemen sementara Grand Prix 2015. Pada Grand Prix 2015 terakhir yang diselenggarakan di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia Spanyol, Jorge Lorenzo berhasil mengungguli duo honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa sedangkan Valentino Rossi yang harus memulai balapan dari grid yang paling akhir (posisi ke 26) harus puas di posisi ke 4 di akhir balap yang membuat gelar juara dunia MotoGP 2015 jatuh ke tangan pembalap kelahiran Spanyol 4 Mei 1987, Jorge Lorenzo. Secara keseluruhan, dari 18 Grand Prix, Jorge Lorenzo hanya berhasil naik podium sebanyak 12 kali namun diantaranya ia berada di posisi 1 sebanyak 7 kali, di posisi 2 sebanyak 3 kali, dan posisi ke 3 sebanyak 2 kali dengan total perolehan 330 poin.
Tidak ada komentar: