25 November 2015

Top 5 Goalie Italia Sepanjang Masa

Persepakbolaan Italia telah melahirkan nama-nama besar yang melegenda. Liga Serie A yang merupakan salah satu liga bergensi di dunia menjadi bagian dari masyarakat Indonesia menyusul siaran langsung yang dilakukan oleh stasiun televisi swasta RCTI di awal tahun 1990. Dalam sepakbola ada satu posisi yang mungkin kurang diminati namun sangat memegang peranan penting dalam suatu tim untuk meraih kemenangan yaitu kiper (goalie).

Dipopedia-Top5GoalieYangHausGol.png

Berikut ini adalah Top 5 Goalie Italia Sepanjang Masa, yaitu:

5. Gianluca Pagliuca

Dalam deretan goalie terbaik Italia, Gianluca Pagliuca pernah mendapat tugas sebagai sweeper selain kiper atau disebut dengan Sweeper-keeper. Posisi yang dipelopori oleh Gyula Grosics saat Hungaria berada pada zaman keemasan ditugaskan kepada Gianluca Pagliuca saat ia dilatih Sven-Göran Eriksson, Arrigo Sacchi dan Roy Hodgson karena kepiawaiannya dalam menggalang pertahan. 39 kali Gianluca Pagliuca membela tim nasional Italia dibeberapa ajang bergengsi termasuk Piala Dunia FIFA 1990 dan 1994.

4. Gianpiero Combi

Gianpiero Combi merupakan salah satu pemain paling setia pada klub yang dibelanya. Sepanjang karir sepakbolanya hanya ada satu klub yang ia bela yaitu Juventus sejak tahun 1921 hingga tahun 1934. Dari 47 kali pertandingan yang ia lalui bersama tim nasional Italia, pemain kelahiran Turin, Italia ini pernah mengalami kekalahan dengan skor besar, 1-7, saat Italia menghadapi Hungaria di Budapest namun berhasil ditebusnya dengan meraih gelar juara Piala Dunia FIFA 1934 dengan mengalahkan Czechoslovakia (Rep. Ceko).

3. Walter Zenga

Bersama Gianluca Pagliuca, Walter Zenga merupakan bagian dari tim nasional Italia di Piala Dunia FIFA 1990. Sejak bermain di tim nasional Italia pada tahun 1987 hingga tahun 1992, ia telah menjalani 58 kali pertandingan.

2. Dino Zoff

Dino Zoff merupakan kiper kedua tim nasional Italia yang mampu membawa timnya menjuarai ajang Piala Dunia FIFA setelah Gianpiero Combi di tahun 1934. Piala Dunia 1982 di Spanyol, Italia berhasil mengalahkan Jerman Barat di babak final dengan skor 3-1 sehingga berhak menyandang gelar juara. Prestasi tersebut menghiasi perjalanan Dino Zoff yang telah membela tim nasional Italia sebanyak 112 sejak tahun 1968 hingga tahun 1983.

1. Gianluigi Buffon

Satu lagi pemain dari klub sepakbola Italia tersukses, Juventus, menjadi pilihan pelatih tim nasional Italia untuk mengisi posisi kiper yaitu Gianluigi Buffon. Saat ini beban besar disandang oleh Gianluigi Buffon karena ia harus menyandang ban Kapten baik di klub dan tim nasional. Di tingkat klub, Gianluigi Buffon telah berhasil meraih gelar juara bergengsi seperti 1 kali juara Piala UEFA 1998–99 dan 6 kali juara Serie A. Sedangkan ditingkat tim nasional, Piala Dunia FIFA 2006 memberikan kenangan yang membanggakan dimana ia bersama rekannya berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Perancis melalui adu penalti yang berkesudahan 5-3 untuk kemenangan Italia. Dengan rekor tanding sebanyak 154 sejak tahun 1997 hingga tahun 2015 ini, Gianluigi Buffon merupakan satu-satunya pemain Italia yang paling sering membela tim nasional Italia dimana jumlah tersebut mungkin akan bertambah seiring dengan kesuksesan Italia lolos ke babak final Euro 2016 di Perancis.
Tidak ada komentar: