28 November 2015

5 Hal Di Jalan Yang Selalu Tidak Dihiraukan

Keselamatan di jalan selalu menjadi hal yang penting untuk didahulukan namun sayangnya justru para pengguna jalan sering tidak menghiraukannya. Baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan bermotor. Kurangnya kesadaran untuk mewujudkan keselamatan di jalan bukan karena kurangnya sosialisasi namun juga dipengaruhi oleh kemauan pengguna jalan untuk menaati peraturan yang ada.

Dipopedia-5HalDiJalanYangSelaluTidakDihiraukan.png

Berikut ini adalah 5 Hal Di Jalan Yang Selalu Tidak Dihiraukan, yaitu:
  1. Lampu Lalu Lintas. Keberadaan lampu lalu lintas bukan hanya berfungsi untuk mengatur keteraturan lalu lintas namun juga sebagai alat petunjuk bagi pengguna jalan terutama pengguna kendaraan bermotor untuk tetap selamat selama berkendara. Kondisi yang bisa dilihat adalah masih banyak pengguna jalan terutama pengguna kendaraan bermotor yang menerobos lampu lalu lintas.
  2. Markah Lalu Lintas. Fungsi utama markah lalu lintas adalah untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas. Salah satu contoh markah lalu lintas adalah zebra cross yang merupakan tempat penyeberangan bagi pejalan kaki. Kondisi yang bisa dilihat adalah masih banyak pejalan kaki yang tidak memanfaatkan zebra cross sebagai tempatnya menyeberang jalan.
  3. Rambu Lalu Lintas. Mengetahui dan memahami rambu lalu lintas mungkin menjadi satu hal yang sulit untuk dicapai oleh pengguna jalan namun keberadaannya justu sangat signifikan untuk menjamin keselamatan para pengguna jalan. Salah satu contohnya adalah rambu lalu lintas yang berupa rambu larangan seperti tanda dilarang berhenti. Kondisi yang bisa dilihat masih banyak pengguna kendaraan bermotor terutama angkutan umum yang berhenti sekehendaknya tanpa mempertimbangkan keselamatan dirinya sendiri.
  4. Jembatan Penyeberangan Orang. Fasilitas ini memang tidak selalu bisa ditemui karena tergantung dari kepadatan lalu lintas, lebar jalur, lokasi, aksesibilitas, pagar di sekitar trotoar, dan penegakan hukum. Kondisi yang bisa dilihat adalah masih banyak pejalan kaki yang tidak memanfaatkan jembatan penyeberangan sebagai tempatnya menyeberang jalan.
  5. Trotoar. Karena pejalan kaki berada pada posisi yang lemah ketika berbaur dengan kendaraan bermotor maka kehadiran trotoar menjadi solusi untuk menurunkan risiko kemacetan di jalan. Kondisi yang bisa dilihat adalah masih banyak pejalan kaki yang tidak memanfaatkan trotoar sebagai tempatnya berjalan yang disebabkan karena trotoar tersebut terdapat orang yang berjualan, tanaman hias dan/atau kondisi trotoar yang tidak layak untuk dilalui.
Tidak ada komentar: