28 Januari 2016

Tinjauan Persaingan Pembalap MotoGP 2016

Melalui pertarungan yang sengit antar pembalap, MotoGP 2015 telah berakhir dan kini saatnya menyambut MotoGP 2016 yang akan dipenuhi berbagai kejutan dan pemecahan rekor.

Tahun 2016 menjadi penyelenggaraan yang ke-68 dari Kejuaraan Dunia MotoGP yang dilangsungkan di 15 negara di 4 benua untuk menyelesaikan 18 putaran.

Ilustrasi Tinjauan Persaingan Pembalap MotoGP 2016 - Dipopedia

Spanyol menjadi negara penyumbang pembalap terbanyak dengan jumlah 9 orang, Italia dan Inggris masing-masing menempatkan 3 orang sementara sisanya berasal dari Jerman, San Marino, Australia, Irlandia, Kolombia dan Perancis dalam daftar 26 pembalap.

Dari 26 pembalap yang berlaga di MotoGP 2016, Jack Miller yang berasal dari Australia adalah pembalap termuda sedangkan Valentino Rossi yang memasuki usia 37 tahun masih merasa sanggup untuk tetap bersaing demi meraih gelar ke-10 selain itu Valentino Rossi juga memiliki kesempatan untuk meraih kemenangan di dua sirkuit yang ia belum taklukkan yaitu Austin dan Aragon.

Persaingan pembalap senegara terjadi antara Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo yang mengejar rekor sebagai pembalap yang paling banyak naik podium.

Di sisi konstruktor, Yamaha masih bersaing ketat dengan Honda untuk meraih gelar dunia. Suzuki dan Ducati tetap berusaha mengganggu persaingan antara Yamaha dan Honda dengan para pembalap handalannya.

Kemungkinan persaingan MotoGP 2016 tak jauh beda dengan MotoGP 2015 yang juaranya ditentukan di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia yang kala itu menjadi saksi bisu kehebatan Valentino Rossi yang harus memulai balapan dari grid yang paling belakang dan mampu meraih tempat ke-4 setelah Dani Pedrosa, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.
Tidak ada komentar: