18 Februari 2016

Musisi Indonesia Yang Pernah Dicekal

Melalui musik setiap orang dapat mengekspresikan apa yang dirasakannya namun berisiko akan mendapat penolakan dari pihak tertentu yang merasa terusik. Khususnya di Indonesia, hal tersebut pernah dirasakan oleh beberapa musisi yang mengangkat tema sosial.

Ilustrasi Musisi Indonesia Yang Pernah Dicekal - Dipopedia

Berikut ini adalah beberapa musisi Indonesia yang pernah dicekal, yaitu:
  • Koes Plus atau Koes Bersaudara, yang berdiri sejak tahun 1960 sempat merasakan hidup bui karena lebih senang memainkan lagu-lagu barat yang berirama pop dan rock 'n roll.
  • Bimbo, grup musik asal Bandung Indonesia menerima penolakan dari penguasa Orde Baru karena lagu yang berjudul Tante Sun.
  • Slank, salah satu grup musik Indonesia yang pernah menyandang predikat bintang musik berbayaran termahal tahun 2008 dan tahun 2009 harus bersinggungan dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat karena lagu yang berjudul Gossip Jalanan.
  • Iwan Fals, merupakan legenda musik Indonesia yang sejak awal kemunculannya memang mengangkat tema sosial yang justru membuatnya mendapat simpati yang besar dari penggemar musik. Penyanyi yang lahir di Jakarta pada tanggal 3 September 1961 dan bernama asli Virgiawan Listanto ini harus menghadapi arogansi penguasa yang selalu membatalkan bahkan melarang pertunjukannya.
Tidak ada komentar: