21 Maret 2016

Ini Dia Perangkat Lunak Gratis Serupa Microsoft Office

Sejak tahun 1989, dunia telah mengenal Microsoft Office yang sangat membantu dalam hal pengolahan data. Namun mengingat harga untuk mendapatkan lisensi resmi yang semakin meningkat serta ketidakpuasan menggunakan berbagai fitur yang ada di Microsoft Office maka bermunculanlah perangkat lunak serupa yang dikembangkan secara terbuka dan bisa dimiliki secara gratis dengan mengunduhnya melalui situs resmi penyedia perangkat lunak tersebut.

Ilustrasi Perangkat Lunak Gratis Serupa Microsoft Office - Dipopedia

Berikut ini adalah perangkat lunak gratis serupa Microsoft Office, yaitu:
  • SoftMaker FreeOffice pertama kali pada tahun 1992. Meskipun awalnya berbayar namun akhirnya didistribusikan secara gratis termasuk versi terakhirnya yang dirilis pada tahun 2012 lalu. SoftMaker FreeOffice dapat dimiliki secara gratis dengan cara mengunduhnya melalui situs resminya.
  • WPS Office, sebelumnya Kingsoft Office, mulai diperkenalkan sejak tahun 1995. Meskipun bisa diperoleh secara gratis namun para penggunanya harus menemukan tandaair (watermark) pada setiap dokumen yang dibuat/dicetak dengan menggunakan WPS Office (Kingsoft Office).
  • LibreOffice adalah salah satu perangkat lunak yang diberdayakan secara terbuka yang paling sering dikembangkan sekaligus paling banyak diunduh sejak pertama kali dirilis pada 25 Januari 2011. LibreOffice dapat dimiliki secara gratis dengan cara mengunduhnya melalui situs resminya.
  • Calligra Suite dirilis 11 April 2012 setelah berpisah dari KOffice pada tahun 2010. Versi Calligra Gemini yang dirilis pada 26 Februari 2015 merupakan versi terakhir yang stabil dan dapat diunduh melalui situs resminya.
  • Apache OpenOffice pertama kali dirilis pada 8 Mei 2012. Versi terakhir yang stabil dari Apache OpenOffice yaitu versi 4.1.2 yang dirilis pada 28 Oktober 2015. Apache OpenOffice dapat dimiliki secara gratis dengan cara mengunduhnya melalui situs resminya.
Tidak ada komentar: